Perbandingan Samsung Galaxy A3 dan Samsung Galaxy A5




Setelah merilis dua varian smartphone dengan serie yg sama pada Oktober 2014 lalu, yaitu Samsung Galaxy A3 dan Samsung Galaxy A5. Walaupun satu keluarga dan terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan bukan hanya dari ukuran layar dan body saja. Banyak perbedaan diantara mereka berdua, dan mamang bakal kasih tau perbedaan dari kedua smartphone bersaudara ini. Berikut adalah perbedaan dari Samsung Galaxy A3 dan Galaxy A5 menurut mamang.


Layar 

Sudah jelas terlihat memang perbedaan ukuran layar antara Samsung Galaxy A3 dan Galaxy A5 secara fisik. Galaxy A3 mempunyai layar berukuran 4.5 inchi beresolusi 540 x 960 pixels (~245 ppi pixel density), sedangkan Galaxy A5 mempunyai layar berukuran yg sedikit lebih besar yaitu 5.0 inchi beresolusi 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density). Serta kedua smartphone bersaudara ini sudah menggunakkan layar berkapasitif Super Amoled namun belum dilapisi corning Gorilla Glass.







Kamera 

Untuk urusan kamera, keduanya memiliki resolusi kamera depan yg sama dan cukup besar yaitu 5 MP yg menghasilkan foto selfie yg lebih jelas. Namun pada kamera belakang, Galaxy A3 hanya mempunyai resolusi sebesar 8 MP, sedangkan Galaxy A5 mempunyai resolusi yg lebih tinggi yakni 13 MP.



Prosesor 

Dapur pacu pada kedua smartphone ini tidak memiliki perbedaan, yaitu memiliki prosesor quad core snapdragon 401 dengan chipset Cortex A-53 dan GPU Adreno 306 memberikan performa yg mumpuni di kelasnya. Namun perbedaan keduanya terletak pada kapasitas RAM yg dimiliki. Galaxy A3 hanya dibekali RAM sebesar 1.5 GB, sedangkan Galaxy A5 dibekali RAM yg lebih besar yakni sebesar 2 GB sehingga lebih ringan untuk multi tasking.





Jaringan 

Dari segi jaringan Galaxy A5 kembali unggul karena sudah mendukung konektifitas jaringan 4G LTE sedangkan Galaxy A3 hanya sebatas HSDPA.

Baca Juga: Mengenal Jenis Anti Gores Smartphone

Memori 

Untuk masalah memori kedua smartphone bersaudara ini sudah memiliki memori internal yg cukup lapang, yakni sama-sama memiliki memori internal sebesar 16 GB serta dapat disematkan memori eksternal hingga 64 GB.


Baterai 

Untuk urusan daya tahan baterai, tentunya Galaxy A5 membutuhkan kapasitas yg lebih besar dibandingkan Galaxy A3 karena memiliki ukuran layar yg lebih besar. Maka dari itu, Galaxy A3 hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 1900 mAh, sedangkan Galaxy A5 memiliki kapasitas baterai sebesar 2300 mAh.

Itulah perbandingan smartphone bersaudara dari Samsung Galaxy A series. Oh iya, mau ngasih tau kalau mamang salah satu user Galaxy A3 nih hee.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel mamang. Ingin tahu spesifikasi lengkap smartphone yg lain? Silahkan cek di label Spesifikasi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment