Cara Membuat Android Tidak Lemot dengan Menon-aktifkan Bloatware


Apa yang kita pikirkan ketika baru saja membeli smartphone pasti hanya ada perasaan bahagia dan ingin terus memakainya hingga tak sadar bahwa baterai telah terkuras hingga habis. Memang, Android yang kita pakai pertama kali sangatlah mengasyikkan karena masih baru dan juga karena smartphone yang baru kita beli masih belum lemot.

Bicara soal kecepatan, smartphone yang baru saja kita beli tentunya masih memiliki kecepatan yang bagus dan tidak lemot, tentu saja itu karena smartphone yang masih baru dan pertama kali dinyalakan dan dipakai. Pertama dinyalakan, diisi dengan data pribadi, install beberapa aplikasi yang kita inginkan dan smartphone kita masih belum mengalami perlambatan tentunya.

Tahukah kamu, smartphone Android semakin lama kita pakai maka akan semakin lemot. Mengapa demikian? Faktor yang pertama adalah karena smartphone tersebut sering digunakan atau dipakai. Faktor yang kedua adalah karena smartphone tersebut sudah diisi dengan berbagai macam aplikasi dan data pribadi kita, serta file-file yang kita punya.

Tapi ternyata masih ada faktor lain yang menyebabkan smartphone kita lemot lho! Apa itu? Faktor lainnya adalah Bloatware. Jika kamu sering googling dan cukup paham untuk masalah Android, kamu pasti tahu apa yang dimaksud dengan Bloatware.

Bloatware adalah beberapa aplikasi bawaan yang sudah terinstall pada perangkat atau device tertentu yang sangat jarang digunakan bahkan cenderung tidak berguna bagi kita. Mengapa Bloatware menjadi salah satu faktor yang membuat Android kita lemot? Karena aplikasi bawaan tersebut dapat berjalan di latar belakang dan memakai ram tanpa kita sadari dan walaupun kita tidak memakai aplikasi tersebut.

Salah satu cara untuk mengatasi Bloatware ini adalah dengan cara menon-aktifkannya atau memaksa aplikasi bawaan tersebut tidak berjalan. Kita bisa saja menon-aktifkannya secara manual dengan memaksa berhenti Bloatware tersebut satu-persatu. Namun dengan cara tersebut rupanya cukup ribet. Kamu bisa menon-aktifkannya dengan menggunakan aplikasi Clean Master. Berikut mamang jelaskan caranya.
  • Pertama tentunya kamu harus menginstall aplikasi Clean Master. Kamu bisa mendownloadnya di Playstore,
  • Setelah menginstall Clean Master, buka aplikasi tersebut,
  • Pada menu utama, terdapat empat menu yaitu Junk files, Phone Boost, Antivirus dan App Manager. Pilih App Manager
  • Di menu App Manager akan ada beberapa menu tab, geser layar ke bawah sampai menemukan salah satu pilihan berlabel Pre-Installed Apps,
  • Klik Pre-Installed Apps tersebut,
  • Kemudian kamu akan menemukan banyak Bloatware,
  • Klik tombol Disable untuk menon-aktifkan aplikasi yang sekiranya tidak digunakan,
  • Terakhir, klik lagi tombol Disable seperti yang diperintahkan.
Dengan begitu, Bloatware tersebut akan secara otomatis tidak bekerja atau tidak aktif lagi karea sudah di non-aktifkan dan smartphone kamu akan terasa lebih ringan dari sebelumnya. Terima kasih kepada pembaca setia Mamang Android, semoga artikel ini bermanfaat. Luangkan waktu 10 detik untuk membagikan artikel ini ya, makasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment